Kamis

Listrik dan Bahan Bakar Gratis

BioDegester Di Pameran UKM Jakarta Juli 2010.

Inilah solusi luar biasa bagi bangsa Indonesia. Bio Degester kini telah semakin marak dan teknologi yang digunakan juga cukup sederhana. Hanya dengan modal kotoran ternak, sebuah rumah dapat secara independen memiliki sebuah sumber energi listrik dan kompor secara mandiri

Inilah konsep yang dikembangkan PLN sebagai salahsatu wujud CSR perusahaan. PLN membuat konsep pembuatan bio degester dari kotoran ternak (sapi ataupun ayam) untuk diambil gasnya.


Hasil dari gas bio-degester tersebut dapat pula disimpan dalam sebuah tabung plastik yang gasnya kemudian dapat dimanfaatkan untuk kompor. Wah, tidak akan ada cerita tabung LPG meledak lagi nih.... :)


Nah selain kompor, gas tersebut juga dapat digunakan untuk menggerakkan generator listrik. Sehingga menyalakan lampu, menonton TV pun tidak perlu menggunakan listrik PLN. Memang sistem ini masih perlu dikaji lagi karena kabarnya kandungan sulfur dalam gas tersebut masih tinggi. Sehingga berakibat ketahanan mesin generator ini juga terbatas. Semoga teknologi dapat berkembang untuk Indonesia Maju!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar