Sabtu

Gamelina VS Jabon

Memilih jenis tanaman perkayuan untuk ditanam haruslah dengan pertimbangan yang sangat masak. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dapat dilakukan dengan riset yang berlangsung antara 6 bulan hingga 2 tahun. Setiap kondisi lahan dan daerah yang berbeda memiliki potensi yang berbeda, sehingga perkembangan pohon dimasing masing daerah tentunya berbeda pula.

Beberapa tanaman kayu yang populer adalah jati, jabon, sengon, gamelina, mindi, dan masih ada beberapa jenis tanaman lainnya. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah :

1. Kecocokan terhadap lahan
2. Harga pasaran kayu
3. Ketahanan terhadap hama
4. Perawatan yang sesuai

Di lahan asembagoes telah dicoba untuk menanam jenis jabon, akan tetapi hasilnya kurang memuaskan. karena secara ketinggian cukup baik tapi perkayuan dari batang utama cukup lama. Ini salah satu sisa tanaman jabon yang berumur 2 tahunan.



Dari pengalaman tersebut terus meriset jenis kayu yang cocok, dan ternyata di sekitaran lahan banyak ditemukan pohon gamelina (gmelina arborea) yang cukup baik walau hanya ditanam tanpa perawatan. Selain itu secara fisik gamelina ini juga memiliki bentuk daun yang tidak terlalu lebar, tipis, dan tidak berbulu. Beberapa karakter lain yang bisa diamati adalah ketahanan gamelina terhadap panas yang tinggi cukup baik. Kebun riset untuk gamelina ini cukup baik dan kini sudah berumur 11-12 bulan :



Berikut foto dari gamelina yang berusia 9-10 bulan.

2 komentar:

  1. mohon pencerahan...
    Gamelina termasuk dalam katagori kayu kelas kuat berapa?...
    apakah kayunya bisa dipakai untuk kayu struktur?...
    apakan setara kekuatannya dengan rimas?...
    terima kasih sebelumnya...

    japri : athagunawan@gmail.com

    BalasHapus
  2. utnuk detailnya kami belum tahu untuk nama latinnya gmelina arborea bisa di cek juga di wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Gmelina_arborea dan http://en.academic.ru/dic.nsf/enwiki/928101. Kalau kekuatan dan aplikasi untuk kayu struktur belum ada referensinya.

    bisa juga di cek disini :
    http://pohonbagoes.blogspot.com/2010/06/gmelina-arborea.html

    BalasHapus