Minggu

Menanam pohon dengan teknologi

Pada kesempatan ini kami sedikit berbagi tentang metode penanaman yang sangat efektif. Ada dua hal yang akan dibahas yaitu cara pembuatan lobang dan sistem penyiraman.

1. Pembuatan Lobang
Pembuatan lobang tanam adalah pondasi penting dalam menanam kayu. Ibarat membangun suatu gedung tinggi maka kedalaman dan besaran pondasi harus diukur dengan seksama. Dalam hal ini kami telah menguji 3 cara penanaman, dengan lobang sebatas akar, lobang 50 cm, dan lobang 1 meter. Sistem lobang 1 meter terbukti yang terbaik. dengan mengisi media tanam yang baik maka memungkinkan tanaman dapat dengan mudah mendapat nutrisi hingga ketinggiannya tercapai optimal. Kami mencoba pembuatan lobang 1 meter ini dengan sistem bor yang berbiaya hingga Rp. 5.000 / lobang. Selain lobang perlu diperhatikan juga untuk pengisian pupuk dan media tanam yang baik. Bagian sisi atas juga perlu dibuat tirus untuk mengarahkan air ke sisi akar agar aliran air sesuai dengan apa yang diinginkan



2. Sistem Penyiraman
Satu hingga dua tahun pertama adalah masa kritis bagi pohon, karena dalam 2 tahun tersebut sangat mempengaruhi perkembangan di tahun berikutnya atau harus mati. Dalam tahap awal penyiraman harus dilakukan dengan baik, apa lagi di areal yang sangat panas dan hujannya sangat terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut kami menggunakan pengairan melalui pompa dari sumur. Perhatikan jenis pompanya. Pilih pompa biasa atau dikenal sebagai semi jet pump (bukan jet pump). Hal tersebut penting karena semi jet pump memiliki head yang lebih besar. Sistem penyiraman di lahan kayu dibuat dengan model main line PVC, untuk distribusi ke masing-masing pohon digunakan selang biasa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar