Jumat

Sapi, sumber pupuk gratis


Allah telah menciptakan alam ini dengan sempurna dengan siklusnya. Hal inilah yang memberikan isnpirasi besar untuk mengoptimalkan sumber daya alam yang ada. Kebutuhan pupuk yang sangat besar tentunya dapat dipenuhi dengan teknologi yang cepat guna.

Sapi adalah salah satu potensi besar. Rumput yang subur disekitaran area pohon dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Dan ternaknya sendiri dapat menghasilkan susu atau dapat digunakan untuk peng-gemukan ternak. Sedangkan kotorannya dapat diolah dengan teknologi bio degester untuk memperoleh pupuk bahkan untuk bahan bakar (kompor) dan listrik (generator)



Harga sapi di akhir september kemaren sempat turun (sekitar Rp. 7 jt-an), dan dengan sistem kerjasama dengan warga sekitar untuk menitipkan sapi di kandang yang dibuat di kebun cukup efektif. Masayarakat sekitar juga mendapatkan manfaat (kandang yang baik, makanan ternak yang cukup), kotorannya juga dapat bermanfaat untuk pupuk. Selain itu secara financial biaya untuk pembelian pupuk kimia dapat berkurang bahkan Rp. 0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar